Ikan Gabus Bermanfaat Untuk Kesehatan

Ikan sarden memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan

Ikan sarden memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Harganya yang termasuk murah menjadikan ikan ini sebagai salah satu kegemaran banyak orang. Bahkan, sering kali ibu-ibu rumah tangga membelinya untuk stok di rumah dan dibawa saat berpergian.
Ikan sarden memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan

Selain rasanya yang cocok untuk semua kalangan, ternyata ikan sarden juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, mulai dari sifat pencegahan sampai pengobatan. Berikut ini manfaat ikan sarden bagi kesehatan.

Memperkuat Tulang

Ikan sarden bagi kesehatan bisa menjadikan tulang semakin kuat. Ini karena, ikan sarden juga merupakan sumber kalsium. Dengan mengonsumsi makanan dengan kalsium yang tinggi dan dibarengi dengan olahraga teratur, maka tulang akan semakin kuat dan penyakit seperti osteoporosis akan menjauh.

Mencegah Penyakit Jantung

Ikan sarden adalah sumber omega 3 yang sangat baik. Oleh karenanya, mengonsumsi ikan sarden secara rutin akan membuat jantungmu menjadi lebih sehat. Menurut sebuah penelitian, asam lemak Omega 3 seperti EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid) akan memecah kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga ampuh mencegah penyakit jantung. Omega 3 juga dikenal mampu memecah plak pada arteri yang membuat arteri terhambat dan meningkatkan tekanan darah. Dengan plak yang bersih tersebut, maka tekanan darah akan senantiasa dalam kondisi normal.

Mencegah Kanker

Ikan sarden merupakan salah satu sumber vitamin D yang sangat baik. Vitamin D sendiri berguna untuk mencegah kanker pada usus besar. Selain itu, zat antioksidan akan berguna untuk mencegah radikal bebas, dan memelihara kesehatan organ dan melindunginya dari kerusakan.

Resistansi Insulin

Resistansi insulin adalah salah satu hal yang harus dicari saat terserang diabetes. Dalam kasus yang ditemukan resistansi insulin, insulin yang dihasilkan dalam tubuh menjadi kurang efisien untuk digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa glukosa dalam darah lebih tinggi dari biasanya, sehingga harus dikurangi. Nah, dengan mengonsumsi ikan sarden, maka resistansi insulin tersebut akan berkurang karena asupan protein di dalamnya.

Membantu Diet Sehat

Buat yang sedang menjalankan program diet sehat untuk menurunkan berat badan, ikan sarden merupakan salah satu lauk yang tepat untuk dikonsumsi. Kandungan kalorinya yang cukup minim akan membuat diet semakin sukses.

Baca juga: ikan hiu beragam jenis

Itulah beberapa manfaat jika sering mengonsumsi sarden. Akan tetapi, ada baiknya untuk memilih ikan sarden mentah daripada yang sudah dikemas dalam bentuk kalengan. Walaupun ikan sarden kalengan masih aman untuk dikonsumsi, memilih ikan sarden mentah untuk diolah sendiri bertujuan untuk meminimalisir bahan pengawet, sehingga manfaat ikan sarden akan lebih maksimal.

Komentar